Visi Pramudia

Indahnya Palem Putri

Posted on: September 8, 2008

Hari minggu kemarin, sewaktu sedang merawat tanaman-tanaman pot yang ada di pekarangan rumah, secara tidak sengaja, mata saya terpaut oleh tanaman yang sering saya acuhkan: PALEM PUTRI. Iya, Palem Putri ini sering saya acuhkan, karena hampir setiap hari minimal dua kali saya lihat, yaitu ketika keluar rumah dan ketika masuk rumah… haha, karena palem putri tersebut letaknya memang tepat di depan rumah.

Namun pada hari minggu tersebut, Palem Putri tersebut menunjukkan keindahannya, terutama dengan kehadiran bijinya yang subur, berwarna merah merekah…. membuat palem putri ini kelihatan sangat indah seperti putri bangsawan…

Klik… langsung saja saya foto… ini dia fotonya:

Ini biji palem putri:

Keren kan… Saya close up lagi bijinya:

nah seperti itu detail dari biji palem putri… Warna merah yang menyala… kokoh menggantung di tangkai-tangkainya yang berwarna putih bersih.

Sekilas tentang palem putri, menurut IPTEKNET, klasifikasi botani palem putri adalah sebagai berikut:

  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledonae
  • Keluarga : Aracaceae (Palmaceae)
  • Genus : Archontophoenix,Mascarena, Cyrtostachys, Roystonea
  • Spesies : Ravenea sp. (palem putri);
  • Palem Putri berasal dari Madagaskar, bentuknya seperti palem raja, namun tampak kecil, makanya disebut ‘putri’. Sebagaiman keluarga palem, maka palem putri termasuk dalam keluarga Kaum Bangsawan dari Keluarga Tanaman.

    Finally, Palem Putri ini telah memberikan puluhan anakan dari biji yang jatuh di halaman rumahku. Palem Putri ini baik ya…

    About these ads

    9 Tanggapan to "Indahnya Palem Putri"

    Saya kebetulan dapat biji palem putri dari teman, sekarang saya coba tanam pada pot bunga. Apakah bisa palem tersebut di tanam di pot, kalo saya perhatikan dari photo, palem putri butuh media yang cukup luas.
    Itu juga karena lahan halaman rumah saya yang terbatas.
    Terima kasih.

    P Sucipriadikelana, senang berkenalan dengan anda…

    Tentu saja, palem putri pun dapat ditanan di dalam pot, selama asupan unsur haranya bisa dipenuhi. Tentunya, secara rutin perlu diberikan vitamin dan pupuk yg memadai dan mengganti media tanam jika dibutuhkan…

    Oh iya, jangan lupa mengganti potnya jika terasa sudah kekecilan…

    Beberapa hobbiest malah sengaja menempatkan tanaman palem pada pot bonsai, sehingga pertumbuhan palem tersebut dipertahankan agar tetap kecil… (dibonsai)

    Best Regards

    waaaa..taneman palem putri..
    uda lama ga liat.. :D

    dulu waktu masi kecil padahal sering maenin tu taneman. nyabut2in dahan yang ada bijinya. trus maenin bijinya.
    banyak sih dulu taneman palem putri di taman deked rumah sepupu aku.. :D
    puas maen ma tu taneman n bijinya.. :D

    hi 9atha…

    thanks for your visiting…

    Sampai sekarang masih banyak tuh biji-biji palem putri di rumah… mau mampir? :)

    Wah saya lagi niat nanem pohon ini (beli jd udah 1,5 m). Lama gak ya sampe besar & berbiji seperti ini?

    Halo bang Jay… salam kenal..
    Kalo beli sudah 1,5 m, sebetulnya sudah cukup besar. Waktu saya beli paling ukurannya 1m aja. kira2 2 tahun kemudian akan keluar bijinya…

    Best Regards

    Sip Mas, thx for the info!

    Dan makasih juga udah mampir ke blog saya :-)

    mn klasifikasi’y???????/

    Mohon tanya apakah semua jenis palem berbunga atau tidak? Minimal palem outri itu berbunga atau tidak kok ada bijinya ? mohon jawab ya sebab ini penting sekali untuk tugas sekolah anakku. thanks.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    I'm the one with my own vision. Vision to give my wisdom on surrounding society. Especially my lovely wife and 2 kids, my parents and all my family, my all friends at my workplace, home and anywhere you are, ...

    Kategori

    Indonesians’ Beautiful Sharing Network
    Add to Technorati Favorites

    Blog Stats

    • 237,310 hits
    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: