Visi Pramudia

Memilih Sansevieria

Posted on: Mei 29, 2008

Di saat tanaman hias daun sedang booming, Sansevieria merupakan salah satu tanaman yang mempunyai tempat di hati para pecinta tanaman hias. Keindahan daun dan keanekaragaman jenisnya membuat tanaman ini tetap dicari untuk menjadi bagian dari koleksi tanaman hias. Tulisan dibawah ini mungkin berguna untuk menjadi referensi bagaimana memilih sansevieria. Tulisan tersebut saya ambil dari posting di milis Sansevieria. Semoga berguna…

—-

Ragam sansevieria yang mencapai ratusan varian dengan bermacam-macam tingkatan harga membuat para calon pembeli bisa leluasa untuk memilih jenis mana yang akan dibeli sesuai dengan tujuannya.

Bagi para hobiis yang memelihara untuk sekedar koleksi di rumah, yang paling tepat adalah memilih jenis-jenis sansevieria yang langka atau unik. Biasanya sansevieria jenis ini tergolong mahal.Yang masuk katagori ini antara lain, Giant Varigata (kuning) atau Masoniana milik Agung WS Garden Yogyakarta yang harganya tembus Rp 60 juta rupiah.

Namun meskipun eksklusif, jangan harap bila diikutkan kontes di kelas bebas (non unik) pasti akan menang, karena kesehatan mempunyai presentase paling tinggi 35% sedangkan kelangkaan hanya 10%.

Bagi yang suka kontes tentu harus mencari jenis sansevieria yang kondisinya sehat, serta punya performance bagus dan didukung karakter tanaman yang juga bagus. Tentu akan lebih sempurna lagi jika sansevieria itu termasuk langka, karena akan menambah poin.

Berdasarkan pengalaman, sansevieria yang sering menang kontes adalah jenis Pingucula, Kirkii Brown, Patens (Fischeri), Concina dan beberapa jenis lain yang langka tapi memiliki kesehatan yang prima.

Berbeda lagi jika kita ingin memanfaatkannya untuk keperluan rental atau ditempatkan sebagai penghias ruangan, harus disesuaikan dengan jenis dan ukurannya.

Untuk ruangan besar sebaiknhya pilih sansevieria yang memiliki postur tinggi atau besar seperti Autralian Black, Liliantrue, Masoniana, atau Tiger.

Untuk ruangan sempit atau diletakkan di atas meja, pilih jenis-jenis sansevieria kecil, seperti Moonshine, atau Superba China.

Sedang untuk taman di luar rumah bisa pilih sansevieria yang harganya lebih murah. Sebaiknya tetap disesuaikan dengan luas halaman yang akan ditanami sansevieria.

Harga sansivera kini cukup beragam dari yang hanya Rp 3000,- sampai yang puluhan juta.***
(Sutejo/ Tabloid Agro Community)

Untuk lihat koleksi sansevieria, klik disini: Halaman Sansevieria

12 Tanggapan to "Memilih Sansevieria"

mohon info kalo sansi yang murah, kekurangannya ada dimana ya mas. koq ada yang sampai mahal gitu

Mas Toni, terima kasih sudah rajin mampir sini… mudah-mudahan selain menjadi kolektor batu akik, tapi di kemudian hari dapat menjadi kolektor sanse juga…

Sanse yang mahal bisa disebabkan karena beberapa faktor: keindahan, kesehatan, umur, kelangkaan dan keunikan yang disebabkan karena mutasi ataupun cacat alami…

Best Regards
FUNtastic Sanse for wonderful experience!

saya mau tanya media tanam yg paling cocok dan mudah didapat. Kalau pasir malang ditempat saya tidak ada. Juga cara pemupukan dan frekwensi pemupukan,terima kasih

Media tanam yang saya gunakan menggunakan campuran pasir malang dan sekam bakar dengan komposisi 2:1. Atau saya juga sering tambahkan media pakis. Sebetulnya, media tersebut banyak dijual di nursery2 atau toko pertanian. Terus terang, saya belum pernah menggunakan media, selain pasir malang, jadi kalau di tempat mba Nining tidak tersedia, saya belum dapat memberikan referensi dari pengalaman… kalau dari buku, bisa digunakan campuran media pasir, tanah, pupuk kandang dan sekam bakar…

Oh iya, saya juga pernah gunakan di media pakis, tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 2:1:1. Kayaknya gak banyak masalah… karena memang yang lebih penting adalah penyiraman (jangan terlalu banyak) dan pemupukan untuk menjamin ketersediaan unsur hara.

Kalau pupuk, saya pake yang slow release, jadi saya cuma tabur di atas media… nanti seiring dengan penyiraman, unsur2nya akan turun terbawa air. Pemupukan jenis slow release ini dibutuhkan frekuensi 3 bulan sekali… jadi irit kan..

Untuk hasil optimal, tambah vitamin, pupuk cair, fungisida, bakterisida dan insektisida… dengan cara disemprot. Biasanya seminggu sekali bergiliran… (minggu ini vitamin, minggu depan fungisida, dst…) Ini sih untuk menjaga tanaman agar tetap fit..

Untuk pertumbuhan dapat digunakan hormon pertumbuhan… tapi saya belum pernah gunakan, karena tanpa hormon juga keliatannya udah cukup baik…

Itu aja sih tipsnya… mudah2an berguna

Happy funtastic gardening..

Trima kasih mas Dadan, sangat bermanfaat, insya Allah sabtu ini saya mulai kerjakan lah. kapan2 nanti saya kirimin photo koleksi sanse saya ya..

Senang rasanya jika tulisan ini bisa bermanfaat.. Terima kasih atas kunjungannya. Foto-foto sansenya saya tunggu lho..🙂
Bisa kirim ke dpramudia@gmail.com. Nanti saya posting juga di blog ini…

Best Regards

Dadan

Senang sekali bisa membaca tulisan anda tentang bunga “kesayangan” saya ini..menurut saya pribadi rubrik seperti ini sangat bermanfaat sebagai tempat berbagi info bagi sansevera hobies dimanapun berada..

P Budi’rock…

Senang sekali kami mendapat kunjungan anda… blog ini memang kami jadikan media sharing sesuatu yang bermanfaat, termasuk pengalaman merawat sansevieria… I hope so…

we’re welcome, untuk sering dikunjungi…

Salam sansevieria…

bisa ga buat mutasi satu spesies sansivera(tiger strip)?
gimana caranya, kirim k email bossjunai@gmail.com
thanks

Pak dadan, sya pnya sanse jnis tiger, superba, twister dll.. Rencana mau sya jual murah2, sya bingung mau jual kmna.. brangkali ada yg brminat hub 085648800171.. Tks pak

thanks infonya, sy juga punya sansivieria pagoda, sama dengan yg anda jelaskan, milik sy hampir mati lalu sy upayakan akhirnya bs bagus lagi hanya perbanyakan melalui daun, daunnya berubah menjadi hijau tua tanpa warna kuning selalu begitu, namun yg tumbuh dr bonggolnya sesuai warna induknya. bgmn pendapat anda ?

besok tgl 24 peb 2011 sanseviera saya akan saya ikutkan lomba, tidak terlalu bagus sih tapi saya sangat bangga dengannya, mungkin ada advis untuk saya spy para juri tertarik. sy mau mengirimkan fotonya tp lewat alamat FB saya ” utik imut “

Tinggalkan Balasan

I'm the one with my own vision. Vision to give my wisdom on surrounding society. Especially my lovely wife and 2 kids, my parents and all my family, my all friends at my workplace, home and anywhere you are, ...

Kategori

Indonesians’ Beautiful Sharing Network
Add to Technorati Favorites

Blog Stats

  • 267,299 hits
