Visi Pramudia

Anakan Sansevieria Fischeri

Posted on: Juni 9, 2008

Akhirnya, Sansevieria Fischeri atau yang dikenal sebagai Sansevieria Kuku Bima yang kami rawat, memunculkan anakan atau tunas baru. Anakan Fischeri ini tumbuh dengan cepat, hanya dalam waktu beberapa hari tumbuh menjulang ke atas. Ternyata, anakan fischeri ini pada awalnya tumbuh tegak lurus ke atas, baru mungkin nanti kalau sudah lebih besar, akan melengkung membentuk seperti kukunya bima..🙂

Ini fotonya:

Anakan Sansevieria Fischeri

———————————————————————————–

Untuk lihat koleksi sansevieria, klik disini: Halaman Sansevieria

———————————————————————————–

17 Tanggapan to "Anakan Sansevieria Fischeri"

S. fischeri dulu namanya S. singularis merujuk ke bentuk dewasa tanaman ini yang tumbuh satu-satu (singular). Jadi anakan ini sepertinya akan tumbuh satu-satu menjulang, sesuai dengan deskripsi aslinya. Bentuk roset muncul salah satunya karena stek daun, karena di Indonesia umumnya yg beredar dipasaran seperti ini, makanya orang mengenal S. fischeri seperti ini (roset) dan disebut S. ‘Kuku Bima’.
Kita lihat saja gedenya seperti apa, kalo perkiraan saya pasti tumbuhnya singular ato biasanya orang menyebutnya tusk. Kalo udah gitu namanya bukan kuku bima lagi dong………. ;))

Selamat ya…

Happy Gardening…

Oh.. ternyata s. kuku bima (fischeri) itu dari hasil stek daun ya… anakannya akan tumbuh menjadi s. singularis atau yang disebut s. tusk.. hehe… gakpapa karena sansevieria model ini juga saya belum punya..

Terima kasih Pak Indra ya..

FUNtastic Gardening.. always!

Salam Sanse Bung Pramudia,
mau tanya dikit soal Fischeri / Sanse bole ya.

Saya sebagai penggemar baru Sanse suka kebingungan dengan jenis2 Sanse berikut.
1. Fischeri vs Aethiopica
2. Pinguicula vs Lavranos
3. Ehrenbergii vs Samurai vs Rorida
4. Downsi vs Patens vs Balyii
Apa perbedaan yg paling mendasar antara beberapa jenis ini, atau mungkin memang ada jenis yang sama hanya ada variasi nama aja di Indo?

Satu pertanyaan lagi, kenapa Fischeri 4 daun milik saya salah satu daunnya ada yg terlihat kurus sekali tidak setebal yang lainnya? Padahal itu daun ke 2 yg tumbuh pada Fischeri saya.

Thanks Bung..

Salam Sanse juga bung Fernando..

Wah kalo soal penamaan, saya juga masih bingung dan juga masih terus mempelajari. Yang saya tau, S. Fischeri adalah nama lain dari S. Aethiopica, jadi sebetulnya sama-sama saja, hanya saja sekarang lebih populer dgn nama S. fischeri. Yang lainnya saya belum tau perbedaannya karena belum punya hehehe…

Btw, buku Sansevieria terbitan trubus mungkin bisa jadi referensi.

Daun fischeri yang kurus? Sekurus apa ya? Saya punya banyak fischeri dengan daun yang berbeda-beda juga… tapi kalo kurusnya kurus banget, biasanya saya ambil ‘tindakan’: ganti media, pemupukan, atau bahkan amputasi jika dibutuhkan…

Gitu boss.. sori ya kalo jawabannya mungkin kurang ok. Maklum, masih belajar juga.

Best Regards
Dadan

Lupakan Trubus, penamaannya gak jelas!
Buku Juan bisa dijadikan rujukan, meski ada beberapa nama yg masih diperdebatkan ;))
Untuk nama juga bisa mengacu kepada http://www.brookside-nursery.com. Itu punya Alan Butler, VC International Sansevieria Society. Atau bisa liat blog saya beserta foto, ada beberapa sans. disana, saya berusaha menyajika sans. yg benar dengn sedikit informasi.

Happy Gardening!
Indra

Ok Pak Indra, thanks atas informasinya.

Best Regards
Dadan

msh leh blz comment gak yach???
saya ingin bahas yg menjadi bahan pertanyaan mas Fernando.
1.S.Fischeri sbetulN sama saja dgn Aethiopica
2.Pinuicula ma Lavranos
berbeda mas sbetulN Lavranos hanya seorang penemu ato bisa di bilang kolektor sanse,dan beliau menamai sanse koleksiN dengan angka.mungkin yang anda maksud lavranos yg bentuk ketika anakanN mirip Pinguicula.SebetulN bedaN ada pada bentuk tumbuh.Pinguicula tumbuhN terus bertambah spt pagoda dan daun bawahN lbh tebal.sedangkan Lav tumbuh meroset dan daunN lbh tipis dan memenjang.
3.Ehrenbergii vs Samurai vs Rorida
kalo menurut saya sama saja,samurai hanya sekedar nama dagang agar harga S.Ehrenbergii terdongkrak.Tp kalo di buku Ir.Sentot bila anda melihat Ehrenbergii mini menurut saya itu adlh S.Sordida karna bentuk daunN yg bergelombang
4.Downsi vs Patens vs Balyii
kalo dr koleksi saya sebetulN berbeda sekali.mungkin mas melihat anakanN.utk Downsii dia cenderung mirip tom Grumbley tp daun lbh tebal,gelap dan lis warna pinggiranN tidak sampai ujung.utk S.Patent ketika msh anakan bentukN meroset,tp bila sudah dewasa maka daunN akan membentuk kipas dan meliuk2.utk Balyii bentuk daunN cenderung mirip Fransii hanya lbh pendek dan tekstur daunN kasar

nb.sebagai acuan jangan menggunakan buku saja,tp cobalah berkumpul2 dgn sesama pecinta sanse

Bagus ya, bisa beranak begitu. Punya saya sekarang rada ciut gitu. Belum tahu gimana cara mbalikin biar gendut lagi. Ada ide nggak? Thanks sebelumnya ya!

Dear re_eto

Terima kasih ya atas informasinya… sangat berguna nih…

Salam Sansevieria
Dadan

Mba kiki… thanks atas kunjungannya… biar gendut gimana ya?.. Mungkin disuruh minum susu aja… hehehe.. emang bayi…

alo saya firman dimakassar, 4tahun main sansiviera kalo ada warga makassar motukaran lewat imel kusaja ok.

Hi firman.. thanks udah mampir.. sukses selalu untuk sansevierianya ya….

ikut gabung ya om….saya baru blajar ni ngrawat sanse….

silahkan p yusmartanto…

welcome… sama-sama kita belajar sansevieria..

Go green for better living..

Mas Dadan, saya dah punya blog jg nih disini baru bikin, silahkan berkunjung dan kasi komentar🙂

http://indrasusandi.wordpress.com/

Happy Gardening

Indra

P Indra ysh.,

Wah saya sudah lihat blog bapak… sansenya bagus-bagus… you’re the expert.

Saya pasang link di blogroll saya ya…

Happy Gardening too

wah ini blog rame banget, asik jadinya bisa saling share. Mau ikut ngeling juga ya bos http://indrasusandi.wordpress.com/ sama https://visipramudia.wordpress.com/

thanks
peace & Green earth

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

I'm the one with my own vision. Vision to give my wisdom on surrounding society. Especially my lovely wife and 2 kids, my parents and all my family, my all friends at my workplace, home and anywhere you are, ...

Kategori

Indonesians’ Beautiful Sharing Network
Add to Technorati Favorites

Blog Stats

  • 267,299 hits
%d blogger menyukai ini: