Visi Pramudia

Sansevieria Guineensis ‘Manolyn’

Posted on: Juni 9, 2008

Sansevieria Guineensis ‘Manolyn’ merupakan salah satu bentuk variegata dari Sansevieria Guineensis. Sesuai namanya, sansevieria ini berasa dari New Guinee. Di pasaran Indonesia, sanse ini disebut Sansevieria Metalica. Warna daunnya didominasi oleh warna silver, sehingga disebut metalica. Namun sebetulnya penamaan Sansevieria Metalica itu adalah salah, karena sansevieria metalica yang sebenarnya memiliki deskripsi yang berbeda…

———————————————————————————–

Untuk lihat koleksi sansevieria lainnya, klik disini: Halaman Sansevieria

———————————————————————————–

12 Tanggapan to "Sansevieria Guineensis ‘Manolyn’"

Mas Dadan,

Di Indonesia sans. ini disebut S. metalica karena warnanya seperti metal. Kalau merujuk ke deskripsi Juan, jauh sekali bednya. S. metalica mempunyai bercak metal dengan latar hijau.
Ini lebih dikenal dengan nama S. guineensis ‘Manolyn’

Ini adalah salah satu bentuk variegata dari guineensis.
Seperti jenis variegata lainnya sebaiknya ditaruh ditempat panas, karena zat hijau daun sedikit maka dengan panas yang ada, zat itu sudah mencukupi untuk berfotosintesis. Kalau ditaruh ditempat teduh, sedangkan zat hijau daun sedikit dan sinar matahari juga sedikit maka dia akan menghasikan zat hijau daun yang banyak buat memasak makanan, hasilnya daun akan dominan hijau…. (correct me if I’m wrong… :)). Jadi untuk tanaman variegta sebaiknya ditaruh di panas langsung…

Regards,

Indra

Pak Indra ysh., wah terima kasih sekali nih atas informasinya… Saya juga menebak ini termasuk jenis sansevieria guineensis, cuma karena varigata putih, jadi gak begitu yakin. Ok, kalo gitu nanti saya update lagi..

Best Regards

Dadan

cara perawatan sanseviera yang benar itu gimana?trus gimana kriteria sanseviera coklat itu?

Wah, cara merawat sansevieria, sebetulnya saya juga sedang mempelajarinya….
Kira-kira begini:
– Penyiraman sedikit saja, misalnya 2 hari sekali dengan teknik penyemprotan.
– Seminggu sekali dicek daun-daunnya, kalo kotor segera dilap. Karena kotoran/ debu biasanya membawa penyakit/ hama
– sinar matahari secukupnya,walaupun sansevieria biasanya tahan thd sinar matahari langsung, namun labih baik jika dilakukan penggiliran (misalnya pot diputar, antara yang di luar dan dalam rumah)
– Lakukan penyemprotan pestisida dan fungisida secara berkala (seminggu sekali), untuk mencegah hama dan penyakit/ jamur.

Kira-kira sih gitu…

Thanks Anyway
Dadan

Makasih buat tips2nya very helpfull
Saya juga suka sansivera nich pak, ada beberapa jenis. Saya punya sansivera guinensis tapi g seperti yg ada di gambar diatas. Kalo sansivera yg diatas saya jg punya kata yang jual juga s. metalica.
s. guinensis yg saya punya g bisa bkembang cepat seperti yg lain. Kenapa ya pak?? padahal perawatannya jg sama. dalam waktu 3-6 bulan baru nambah 1 daun.

Mba Niken

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya…
Kalo di pasaran memang S. Guineensis ‘Manolyn’ disebut juga S. Metalica karena warnanya yang seperti warna metal. Namun memang jenis dari S. Guineensis bermacam-macam.

Memang masing-masing jenis Sansevieria memiliki perbedaan dalam kecepatan pertumbuhannya… karena juga tergantung kepada media dan pencahayaan dari matahari… jangan lupa untuk memberi pupuk pertumbuhan secara teratur…

namun di beberapa sanse saya juga sama… ada yang pertumbuhan 1 daunnya membutuhkan 3-6 bulan… ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama…

Salam sehat.. salam sansevieria…

Memang untuk jenis yang satu ini dan banyak diantara tanaman lainnya saya masih menebak-nebak ada yang bilang mutasi dari guenensis tp ada juga mutasi dari bantel sensation… (untuk penggemar baru seperti saya masih bingung dan ragu). tp kalau melihat dari bentuk daun beda dengan mutasi dari guenensis, kenapa mutasi guenensis corak ampir sama cuman warna perahnya lebih dominan dan juga bentuk daun kalau lebih teliti beda. karena yang metalica bentuk daunnya dari batang sampai ujung sejajah dan membentuk saluran (channel) walaupun dangkal, tp yang guenensis cenderung tanpa saluran dan keatas agak oval.

itu yang selama ini saya jadi acuan untuk membedakan kedua tanaman ini.

kalau kurang mohon untuk di update.. maklum masih newbie

he he he

good luck for all

Rian Ferdiana
Van Cilendek

Mas Dadan..
Kebetulan saya koleksi sansi walopun jumlahmnya nggak banyak.. Tapi khusus jenis ini pasti muncul seperti karat umumnya di pangkal daun dan makin membesar padahal dah rutin pemberian fungi, insect dan bakterisida. Ada penjelasan tentang itu nggak..?
Thanx sebelumnya…

Kayaknya berdasarkan referensi bener ‘klan’ guinensis. Tapi kami jg baru tau ada tambahan manolyn di belakangnya… Makasyyyy bnyk kang Dadan, buat tambahan pengetahuannya .
Btw, Sanse leluhurnya kan hidup di gurun2, jadi emang seneng panas. Tapi waspadai juga teriknya matahari Indo sesekali diseling curah hujan tinggi. Rentan buat Sanse, memicu virus jadi berkembang biak dengan sukses… Mungkin lbh baik menanam Sanse terlindungi UV, jd nggak kena hujan langsung… Sekedar saran aja…

Tentang karat di pangkal daun manolyn, kami juga mengalami… Sebaiknya sih, diamputasi aja kang Raka, seblm menyebar. Penyakit ini emang susah disembuhin dengan ‘obat’2n…

Buat Yonas.., perawatan Sanse yang disarankan kang Dadan udah cukup. Tapi saya cuma mau sedikit menambahkan… Selain pupuk2 berimbang, sesekali boleh juga dikasih ZPT, untuk merangsang anakan… Kalo bisa, medianya dominan pasir malang. Alhamdulillah, di rumah kami sekarang lagi banyak indukan yang beranak pinak. Twister, Asahi, Hahni gold banner, Fisherii, Bandipur, Black American/Pedang Jono, Black Sword(black sword dari indukan yang di mutasi karena daunnya jelek, malah sekarang panjang daunnya kurang lebih setinggi saya; 157 cm!!). Satu masukan dari kang Dadan yang penting diperhatikan banget-banget adalah, pengecekan daun setiap minggu… Meleng sedikit, bisa kalah cepet dari virus, kutu dan jamur… Bisa jadi seselan dweh….!

Pinjem gambar dari salah satu nursery nya kolektor sanse….

Disitu terlabel Sansevieria metallica ‘Siam Silver’

cmiiw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

I'm the one with my own vision. Vision to give my wisdom on surrounding society. Especially my lovely wife and 2 kids, my parents and all my family, my all friends at my workplace, home and anywhere you are, ...

Kategori

Indonesians’ Beautiful Sharing Network
Add to Technorati Favorites

Blog Stats

  • 267,299 hits
%d blogger menyukai ini: