Visi Pramudia

Bermain Lego

Posted on: April 15, 2008

Menumbuhkan kreatifitas juga dapat dilakukan dengan suatu permainan yang disebut dengan Lego. Tidak hanya itu, menyusun lego juga ternyata banyak manfaatnya, dan yang kami rasakan, bermain lego ternyata juga dapat menyatukan ide bersama apabila permainan dilakukan bersama-sama. Bermain lego, melalui suatu proses yang sistematis, mulai dari visi: seperti apa bangunan yang dikehendaki, strategi: bagaimana cara membangunnya agar kuat dan kokoh, art: seni dan keindahannya.

 

Manfaat permainan lego:

  • Belajar menciptakan visi: bagaimana hasil bangunan yang dikehendaki, berapa lantai, berapa jumlah kamar/ jendela, berapa jumlah garasi. Biasanya visi ini dinyatakan dulu di awal agar menjadi pedoman dalam proses pembuatannya nanti (start from the end).
  • Belajar mengerti fondasi: Langkah awal pembuatan lego adalah pembangunan fondasi. Fondasi ini ini akan menentukan kekuatan bangunan yang nanti akan dibuat.
  • Belajar mengerti alat bantu: Ada beberapa cara untuk membuat konstruksi/ rangka yang kuat, dan kadang membutuhkan  alat bantu sebagai penyangga untuk memperkuat konstruksi.
  • Belajar berkomunikasi & sharing ide: Pembuatan bangunan pada lego membutuhkan komunikasi yang konstruktif apabila dilakukan bersama-sama. Ide yang dimiliki harus berani disampaikan, dan dicoba bersama.
  • Belajar resource allocation: Jumlah bricks pada lego terbatas untuk masing-masing jenisnya, sehingga perlu dipikirkan keterbatasan jumlah bricks namun bangunan dapat sesuai dengan yang direncanakan.
  • Belajar art: Memahami dan mengerti tentang seni dan keindahan.
  • Dan yang juga penting adalah belajar bersabar.

Di keluarga saya, bermain lego hampir dilakukan sehari-hari oleh anak saya Key yang melibatkan juga istri sebagai pembimbing, dan tak kalah nimbrung juga Jesse, anak saya yang masih berumur 1 tahun.

 

Foto-foto Lego lainnya:

Rumah Lego 02

Rumah Lego 03

Rumah Lego 04

Rumah Lego 05

Rumah Lego 06

Rumah Lego 08

Rumah Lego 09

Jesse n Lego

Key n Lego

 

 

11 Tanggapan to "Bermain Lego"

assalamu’alaykum,
foto dan legonya bagus sekali…. kebetulan anak anak di rumah juga suka sekali bermain lego kayu dan permainan lain yang bersifat bongkar pasang. Salam dari Yanti Kiyah dan Nurul untuk Jesse dan Key .

Waalaikumsalam…
Bersyukur kita karena biasanya anak-anak yang senang bermain bongkar pasang akan menumbuhkan kreatifitasnya. Insya Allah, Yanti Kiyah dan Nurul juga menjadi anak-anak kreatif dan FUNtastic..

Thanks for visiting.

Mas Dadan, saya Ivana dari DAAI TV, saya tertarik dengan liputan pembuatan lego.. apakah saya bisa minta contact number, mas? thank’s. hubungi saya melalui email ivanabem@gmail.com. terima kasih.

Mba Ivana, terima kasih atas kunjungannya. Wah, senang saya ada yang tertarik untuk liputan permainan lego. Saya sudah kirimkan email contact number saya. Silahkan saja hubungi saya…

Best Regards

met siang mas!!
aku risha biasa d panggil icha, ehmm aku suka bngt bermain lego sama adikku..
aku pernah dengar kalau lego itu punya komunitasnya y…
aku blh minta alamatnya, aku ingin gabung juga…
krm k emailku yapz..(rishamaulia@yahoo.co.id)
mks mas…

Pak Dadan saya membutuhkan lego untuk permainan training.
Mungkin Bapak tahu dimana saya bisa membeli lego??
Terima Kasih.

Pak Dadan saya membutuhkan lego untuk permainan training.
Mungkin Bapak tahu dimana saya bisa membeli lego??
KAlo ada yang bisa memberikan info bisa kirim info via email : deni_spiderweb@yahoo.com
Terima Kasih.

pak, dimana saya bisa membeli lego? thnx b4

Aslm.wr.wb
saya ziya.
saya sering sX mndgar permainan ini. Tp bru antusias utk mncri tau lbh lanjut akhr2 ni. Krn ad hubgnx dg matematika,tpat dg jurusan sy,sy pun jd trtarik utk mgnalx lbh dkat.
Bsakah bpk mmbri saya situs yg brisi sluk bluk dan sgla hal mgenai jnis2 lego? Dan bgmana trik agar dpt brmain dg alat ini? Sblmx trimaksih atas bntuannya ^^

uh,gile main Lego..
Seminggu cuman bwat ngerjain 1 rumah 5 kali 5 meter. Pegel dahhhhh

Lah,tak rewangi bee…
Se RT diundang kabeh,
jarqu rep diwei panganan.
MAlah suruh ngerjain Lego.
Wadoohhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,

Tinggalkan komentar

I'm the one with my own vision. Vision to give my wisdom on surrounding society. Especially my lovely wife and 2 kids, my parents and all my family, my all friends at my workplace, home and anywhere you are, ...

Kategori

RSS Orido

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Indonesians’ Beautiful Sharing Network
Add to Technorati Favorites

Blog Stats

  • 306.737 hits